Rabu, 13 Maret 2019

Pengertian Bunga Flamboyan

PENGERTIAN BUNGA FLAMBOYAN

Hasil gambar untuk pengertian bunga flamboyan
Adityanovita.blogspot.com

Flamboyan atau Delonix regia adalah tanaman yang khas dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah.[1] Flamboyan memiliki nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, berarti cakar.[1] Nama tersebut mengacu pada penampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar.[1] Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk Madagaskar, untuk tanaman hias.[1] Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.[1]
Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut.[2] Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim.[2] Tumbuhan ini juga sering disebut tumbuhan semi-evergreen.[2]
Daun flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya.[2] Sistem pertulangan daun berbentuk menyirip, dengan panjang 30,5-50,8 cm dan lebar 11–25 cm.[2] Bunga-bunga flamboyan mekar secara musiman, biasanya mekar saat pertengahan musim panas.[2] Bunga flamboyan memiliki diameterantara 8 dan 15 cm dan memiliki empat kelopak yang berbentuk menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm serta satu mahkota tegak.[2] Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih.[2] Polong yang sudah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang hingga 70 cm dan lebar 7 cm.[2]
1.Sebagai obat Malaria
Bunga Flamboyan ini khusunya pada daun dan bijinya memiliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Namun, senyawa alkaloid ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan plasmodium sp parasit karena penyebab penyakit malaria. Oleh karena itu, bagi anda atau keluarga anda yang sedang terkena penyakit malaria ini sebaiknya untuk mengkonsumsi bunga ini, karena bunga ini telah di percaya memiliki peranan sebagai obat malaria.

2. Penghias ruangan

Manfaaat dari bunga flamboyan ini selain sebagai obat malaria bisa juga untuk penghias ruangan seperti bunga-bunga lain. Namun bunga ini juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bunga ini dapat di manfaatkan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi yang mempeseona di acara pernikahan.

3. Meningkatkan mood.

Pohon ini ketika berbunga bisa memberikan pemandangan yang sangat mempesona, bukan hanya pohonya yang tinggi. Tetapi bentuknya yang lebar seperti payung juga bisa memberi perlindungan dari sengatan sinar matahari. Tidak heran jika melihat bunga flamboyan ini dapat meningkatkan mood setelah seharian bekerja dalam ruangan. Karena mempunyai warna mencolok sangat kontras dengan daunya yang kecil dan hijau membuat terlihat sangat mempesona.

4. Membuat perhiasan

Manfaat dari bunga flamboyan ini sangatlah banyak sekali salah satunya yang terletak pada bijinya dapat di temukan di polongnya yang berwarna kecoklatan ternyata bisa juga sebagai perhiasan. Caranya dengan meringakan biji bunga ini lalu berikan warana yang anda sukai. Kemudian rangkai dalam satu rantai panjang jika ingin membuat kalung. Anda juga bisa menggunakan biji dari tumbuha lain agar kalung buatan anda terlihat semakin indah.

5. Sebagai peneduh

Tumbuhan bunga flamboyan ini bisa juga untuk sebagai peneduh karena memiliki bentuk kanopi yang sangat rindang. Oleh karena pohon ini banyak di tanam di pinggir jalan sebagai peneduh atau pelindung dari sengatan sinar matahari ketika anda dalam perjalan untuk beristirahat.

0 komentar:

Posting Komentar