Rabu, 13 Maret 2019

Pengertian Belimbing wuluh

PENGERTIAN BELIMBING WULUH

Hasil gambar untuk belimbing wuluh PENGERTIAN DAN ,MANFAAT
tanobat.com

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) atau disebut juga belimbing asam adalah sejenis pohon yang diperkirakan berasal dari Maluku. Kandungan dari belimbing ini mampu mengobati berbagai penyakit. Belimbing wuluh mengandung zat aktif saponin, flavonoid, tanin, glukosida, asam sitrat, asam format, dan beberapa mineral, terutama kalium dan kalsium. Buah ini juga mengandung beberapa vitamin yaitu vitamin A, B, dan C.
Belimbing wuluh menyukai tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung namun cukup lembap. Belimbing ini banyak tumbuh liar di hutan dan ladang, kemudian mudah juga dijumpai dipekarangan rumah. Hidup pada ketinggian 5-500 m dpl, tanaman ini tumbuh dengan subur tidak hanya di Indonesia, ia pun tumbuh di negara Asia lain seperti Filipina, Sri Lanka, Myanmar dan Malaysia.
Secara morfologi belimbing wuluh berupa pohon kecil dengan batang yang tidak begitu besar dan mempunyai garis tengah 30 cm. Batang utamanya pendek, berbenjol-benjol, cabangnya rendah dan sedikit. Tekstur batangnya bergelombang/tidak rata. Pada daunnya, tanaman ini berbentuk daun majemuk menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun. Anak daun bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai jorong, ujung runcing, pangkal membulat, tepi rata, panjang 2-10 cm, lebarnya 1-3 cm, berwarna hijau, permukaan bawah hijau muda (Dalimartha, 2008).
     
 me




0 komentar:

Posting Komentar