Kamis, 14 Maret 2019

Pengertian Lidah Buaya

PENGERTIAN LIDAH BUAYA

                                 jabar.tribunnews.com

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

MANFAAT LIDAH BUAYA SEBAGAI  BERIKUT :
1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
Ada banyak laporan yang telah mengeksplorasi peran pemberian lidah buaya topikal dalam kondisi kulit dan manajemen penyembuhan luka.
Antara lain pengobatan psoriasis, dermatitis, mucositis oral, luka bedah, dan sebagai obat rumah untuk luka bakar.
Ekstrak lidah buaya dilaporkan mampu memberikan bantuan cepat untuk mengatasi gatal dan terbakar terkait dengan dermatitis radiasi yang parah dan regenerasi kulit.
2. Mengobati luka bakar
Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit.
Pada 1959, Administrasi Makanan dan Obat AS menyetujui penggunaan salep lidah buaya sebagai obat yang dijual bebas untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit.
Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, materialnya mampu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.
3. Menyembuhkan luka
Aloe vera memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah -atau luka di mulut.
Asam amino dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C juga sangat membantu.
Salah satu manfaat vitamin B6, misalnya, adalah bertindak sebagai pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.
4. Melembapkan rambut dan kulit kepala
Aloe vera adalah perawatan alami yang bagus untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal.
Vitamin dan mineral yang tinggi dari aloe vera membuat rambut kuat dan sehat. Karena memilki sifat antibakteri dan antijamur, lidah buaya dapat membantu mengatasi ketombe.
Sementara, enzim gel dapat membersihkan kulit kepala sel mati dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.
Aloe gel juga membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

0 komentar:

Posting Komentar