Kamis, 14 Maret 2019

Pengertian Daun Cincau

PENGERTIAN DAUN CINCAU

Gambar. Co. Id

Cincau (Hanzi: ไป™่‰, pinyin: xiancao) adalah gelserupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.
Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: ไป™่‰, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.
Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh.
MANFAAT DAUN CINCAU :
— Sebagai Obat Anti-Inflamasi
Pada daun cincau hijau mengandung zat klorofil yang sangat besar. Zat klorofil tersebut mampu meredakan peradangan yang umumnya terjadi di tenggorokan akibat bakteri dan kuman. Selain itu daun cincau hijau jika sudah dibuat menjadi cincau dapat melegakan tenggorokan.
— Sebagai Obat Demam
Daun cincau juga mengandung nutrisi seperti saponin dan zat antioksidan. Yang dimana keduan zat tersebut memiliki fungsi menurunkan demam, selain juga daun cincau dapat menghangat badan anda. Caranya dengan meminum rebusan daun cincau tersebut.
— Sebagai Obat Diabetes Mellitus
Selain kandungan zat klorofil, daun cincau juga mengandung zat bisbenzilsokuinolin yang dimana kedua zat tersebut mampu menstabilkan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pancreas dalam mengatur kadar gula dalam darah. Maka dari itu minumlah rebusan daun cincau untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri anda secara rutin setiap hari.
— Sebagai Obat Penyakit Hipertensi
Pada daun cincau juga mengandung senyawa S-S tetandrin yang bermanfaat dalam mengobati penyakit hipertensi. Senyawa ini memiliki peran yang penting dalam melebarkan saluran pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Jika darah mengalir dengan lancar secara otomatis tekanan darah yang tadinya tinggi akan menurun dan bahkan kembali mengalir dengan normal.

— Sebagai Obat Randang Lambung

Daung cincau juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu zat klorofil dalam mengobati radang lambung seseorang. Radang lambung biasa terjadi karena bakteri atau kuman yang ada pada makanan yang dikonsumsi atau terjadi karena seseorang memiliki kelainan pada lambungnya. Dan kedua senyawa tersebut dapat membunuh bakteri dan memperkuat dinding lambung, sehingga lambung tidak akan mengalami peradangan lagi.

1 komentar:

  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    BalasHapus