Kamis, 14 Maret 2019

Pengertian Akar Alang alang

PENGERTIAN AKAR ALANG ALANG

Khasiat.co.id

Alang-alangilalang atau lalang (Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (BjnMin.), lalang (Mly.Md.Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih(Gayo), re (Sas.Sumbawa), riikiiki (Flores), rie(Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (MenadoTernate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.[6]
Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.
MANFAAT AKAR ALANG ALANG SEBAGAI BERIKUT: 
1.Melancarkan buang air kecil 

Terkadang masalah umum seperti buang air kecil tak lancar sering kali dialami masyarakat. Hal ini biasanya menyebabkan rasa sakit pada daerah kemaluan. Salah satu cara untuk mengatasinya juga mudah yaitu menggunakan alang-alang yang dicampur dengan gula batu, seduh dan dinginkan, minum secara teratur. 

2. Mengatasi kencing batu 

Penyakit yang satu ini terjadi karena ada endapan kalsium dalam kandung kemih, hal ini menyebabkan buang air kecil menjadi tak lancar dan juga disertai dengan rasa yang sakit. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu merebus akar alang-alang, daun meniran dan juga kumis kucing, biarkan hingga dingin kemudian minum. 3 bahan tersebut secara berkhasiat dapat menggempur endapan batu dalam kandung kemih, nantinya hancuran dari batu tersebut akan ikut terbawa air seni. 

3. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi 

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah endapan lemak dan juga kolesterol yang menghambat aliran darah, namun jangan khawatir karena konsumsi sari alang-alang secara teratur efektif mengatasi masalah tersebut. Caranya, siapkan 200 akar alang-alang, tangkue (manisan dibuat dari labu putih), rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah, dinginkan, saring ainya lalu minum 2 kali sehari. 

4. Obat untuk radang paru-paru 



Paru-paru menjadi salah satu organ vital bagi manusia karena manfaatnya untuk bernapas, namun jangan salah karena bagian organ tubuh tersebut juga sangat rentan mengalami masalah, salah satunya adalah terjadi peradangan, jika sudah seperti ini pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk pengobatan, namun tak perlu khawatir karena Anda bisa mengatasinya sendiri menggunakan alang-alang. 

5. Mengobati penyakit asma 

Tak jauh berbeda dengan masalah paru-paru,penyakit asma ini juga terjadi pada bagian tersebut. Untuk mengatasinya cukup dengan merebus 100 gram akar alang-alang, tambah 50 gram kencur dan 50 gram sirih, seduh menggunakan 200 ml air biarkan hingga tinggal setengah dan saring kemudian minum secara teratur. 

1 komentar:

  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    BalasHapus